Program Undian Berhadiah PT Whatsapp Indonesia

Jakarta (ANTARA/Jacx) Beredar melalui pesan dalam platform media sosial Whatsapp pengumuman tentang program undian berhadiah bagi pengguna aplikasi tersebut dengan mendapatkan kode dan kemudian masuk ke laman situs yang seolah-olah milik whatsapp.

Modusnya adalah pesan dikirim melalui whatsapp yang memberitahukan bahwasannya pengguna whatsapp tersebut mendapatkan hadiah, kemudian dicantumkan kode verifikasi yang bisa digunakan untuk login pada website yang telah disediakan.Di dalam website juga ditampilkan beberapa kerjasama antara lain dengan sejumlah instansi untuk meyakinkan masyarakat atas program tersebut.

Klaim : Program undian berhadiah dari PT Whatsapp Indonesia bagi masyarakat pengguna aplikasi tersebut 
Rating : Salah/Disinformasi

Penjelasan :
Penelusuran dari Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, website yang digunakan bukanlah website resmi whatsapp melainkan dalam bentuk blog yang disetting sedemikian rupa agar sama seperti website whatsapp.

Selain itu melalui aplikasi khusus whatsApp web, pihak pengelola whatsApp telah memberikan peringatan kepada pengguna aplikasi itu untuk berhati-hati atas program seperti itu karena mereka tidak pernah menyelenggarakan hal seperti itu.

Cek Fakta : faq.whatsapp.com/id/general/
Cek fakta: WhatsApp blokir akun pengguna yang sering kirim hoaks
Cek fakta: WhatsApp kembangkan perangkat anti penyebaran hoax di India

 

Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pewarta:
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019