Facebook akan gelontorkan ratusan juta dolar untuk berita lokal

Jakarta (ANTARA News) – Facebook Inc selama tiga tahun ke depan akan mengucurkan dana sebesar 300 juta dolar untuk media lokal secara global demi menyelamatkan bisnis media.

Facebook menyatakan investasi waktu dan uang ini merupakan ekspansi yang signifikan untuk membantu media di Amerika Serikat dan dunia untuk membangun model bisnis yang berkelanjutan, seperti dikutip dari Reuters.

Tahap pertama investasi ini akan digunakan untuk mendorong para penerbit mempercayai distribusi berita mereka melalui Facebook.

“Kami terus berjuang mengatasi berita palsu, misinformasi, dan berita berkualitas rendah di Facebook,” kata Wakil Direktur Kemitraan Pemberitaan Global, Campbell Brown.

“Tapi, kami juga punya kesempatan dan tanggung jawab untuk membantu organisasi berita lokal untuk tumbuh dan berkembang,” kata dia.

Ronde pertama pendanaan ini akan membantu pelaporan berita lokal, riset bagaimana teknologi memperbaiki perngumpulan informasi dan membuat produk baru, serta merekrut jurnalis komunitas.

Penerima bantuan dana ini antara lain adalah Pulitzer Center, Report for America, Knight-Lenfest Local News Transformation Fund, Local Media Association and Local Media Consortium, American Journalism Project dan Community News Project.

Desember lalu, Facebook mengumumkn investasi 6 juta dolar di media lokal di Inggris Raya.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019